|

Surat Dari Solo Untuk Makassar

[In the Name of Allah, the Most Gracious the Most Merciful]

Teruntuk Adik-adik Skhola,
Assalamu’alaikum wr.wb.
Apa kabar adik-adik ku sekalian? Semoga selalu semangat dan ceria. Perkenalkan kakak adalah salah satu relawan Skhola yang berasal dari luar Makassar. Kakak tinggal di Karanganyar, Jawa Tengah kalau adik-adik lihat peta maka tempat tinggal kakak ini berada di Pulau Jawa, hehe   Adik-adik ku sekalian, kakak sangat ingin bisa bertemu dengan kalian semua, karena selama ini kakak hanya bisa melihat kalian dari foto-foto yang diunggah oleh kakak-kakak Skhola lainnya. Senyum kalian, tawa kalian, tingkah polos kalian yang tergambar dalam foto tersebut semakin membuat kakak ingin bertemu dengan kalian. Banyak hal ingin kakak bagi dengan kalian, banyak hal juga yang ingin kakak dapat dari kalian (Semoga Allah segera mengijinkan kakak untuk bertemu kalian semua).

Adik-adik ku yang kakak banggakan,
Ada begitu banyak hal yang kakak khawatirkan tentang kalian begitu juga dengan mereka yang berada jauh dari Ibu Kota, bagaimana akses pendidikannya bagaimana sarana dan prasarana yang ada di sana bagaimana akses informasinya dan masih banyak pertanyaan yang muncul di benak kakak. Karena menurut salah satu kakak relawan yang ada di sana, kalian sulit untuk mendapatkan buku-buku pelajaran atau pun buku-buku cerita yang lainnya. Kakak ingat salah satu foto kalian dimana kalian begitu asik membaca buku hingga kalian tak sadar ketika di foto. Hal ini membuat kakak sadar bahwa semangat kalian yang berada jauh dari kemudahan lebih hebat daripada kami yang berada di sini yang penuh dengan kemudahan. Kalian hebat, kakak bangga pada kalian!

Adik-adik ku yang kakak cintai,
Berbicara tentang semangat belajar, kakak jadi ingat bahwa banyak hal yang disayangkan di sini di tempat tinggal kakak. Banyak orang-orang di  sekitar kakak yang tidak memanfaatkan akses kemudahan ini dengan baik, mereka lebih memilih untuk berhenti belajar dan mencari uang. Hal ini juga yang hampir membuat kakak untuk putus sekolah. Kala itu memang keuangan orangtua kakak sedang pailit sehingga orangtua kakak menyarankan kakak untuk berhenti sampai SMA saja. Namun, kala itu kakak bersikeras untuk bisa melanjutkan belajar ke jenjang berikutnya. Kakak berusaha keras mendapatkan informasi beasiswa, hingga harus bolak-balik ke sekolah dan meminta bantuan ke guru kakak. Singkat cerita, kakak disarankan guru kakak untuk mendaftar beasiswa Bidik Misi yang menggratiskan seluruh biaya kuliah. Pendaftaran gelombang pertama kakak gagal karena tidak lolos seleksi, kakak sempat kecewa waktu itu. Namun, guru kakak menyarankan kakak untuk ikut seleksi tahap dua, dan akhirnya kakak lolos. Betapa bahagianya kakak, apalagi seleksi tahap dua ini kakak lalui dengan perjuangan yang ekstra keras. Tapi kakak rasa sepadan dengan apa yang kakak dapatkan saat ini.

Adik-adik ku yang kakak sayangi,
Belajar sendiri merupakan salah kebutuhan dasar dari seorang manusia. Tentu jika manusia berhenti belajar maka sudah sedari dulu manusia ini punah. Oleh karena itu, kakak ingin adik-adik kakak ini terus menjaga semangat belajarnya. Belajarlah dimanapun kalian berada, karena sekolah dan perguruan tinggi hanyalah salah satu dari sekian banyak tempat untuk mendulang ilmu. Kosongkan gelas untuk kalian isikan ilmu yang lebih banyak dari guru kalian, dari kakak-kakak relawan Skhola, dari manapun dan siapapun, maka kalian akan mampu bertumbuh dan berkembang menjadi manusia-manusia yang berwawasan luas. Jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang hanya sedikit. Keluarlah, merantaulah, jika memang diperlukan! Kakak yakin memang kampung halaman kita adalah sebaik-baik tempat, namun akan selalu ada hal yang hebat yang akan kalian dapatkan jika kalian berani melangkahkan kaki kalian keluar dari kampung halaman kalian.

Adik-adik ku tersayang,
Begitu pentingnya generasi muda -seperti adik-adik sekalian- untuk kemajuan sebuah bangsa. Sama halnya Indonesia, negeri kita, kelak kalianlah yang akan memimpin negeri ini. Oleh karenanya, tumbuhlah kalian menjadi generasi yang hebat, generasi yang positif, generasi yang mampu memajukan bangsa ini. Kakak sadar, pondasi penting yang dibutuhkan adalah sebuah sikap optimis dari setiap individu. Karena mereka yang optimis mampu menumbuhkan kepercayaan dan semangat baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Satu hal penting yang perlu kalian tahu, bahwasannya sikap OPTIMIS itu selalu mendampingi mereka yang berani BERMIMPI BESAR. Karena mereka yang pesimis selalu saja berpikir realistis dan selalu melihat batasan pada dirinya sendiri. Lain halnya mereka yang berani bermimpi besar maka mereka akan selalu optimis dan percaya bahwa hal sekecil apapun yang menjadi rintangan tidak akan berarti apa-apa, justru menjadi batu loncatan untuknya. Inilah yang dibutuhkan Indonesia saat ini, kita sedang krisis orang-orang seperti ini. Bapak Ir. Soekarno -Presiden pertama RI- Bapak kita dia juga merupakan seorang ‘PEMIMPI’ yang mempunyai impian-impian besar untuk Indonesia. Inilah giliran kita untuk meneruskan impian-impian beliau. Dan beliau berpesan untuk kita bahwa:

“bermimpilah setinggi langit, jika engkau jatuh engkau akan jatuh diantara bintang-bintang. “

Adik-adik ku tercinta,
Kalau boleh kakak simpulkan ada dua hal yang ingin kakak sampaikan, yang pertama kakak ingin kalian terus menimba ilmu terus belajar jangan sampai keterbatasan menjadi alasan kalian untuk berhenti belajar. Semangat muda kalian harus digunakan untuk hal-hal yang positif jangan sia-siakan semangat kalian untuk hal-hal yang tidak penting atau bahkan hal-hal yang tidak baik. Dan yang kedua kakak ingin kalian menjadi orang yang optimis yang berani bermimpi besar. Kakak ingin kalian menuliskan semua yang kalian inginkan di kertas, tulis dengan penuh keyakinan bahwa semua yang kalian inginkan impikan itu akan terwujud dengan ijin Allah SWT. Kakak pun juga melakukan hal yang sama, untuk semakin meyakinkannya kalian beri target waktu kapan impian itu akan terwujud. Silahkan tuiskan semuanya, hingga kelak kalian menyadari bahwa tulisan-tulisan yang kalian tulis dahulu tinggal coretan saja karena kalian telah berhasil mewujudkannya. Alhamdulillah, tiga impian kakak berhasil kakak wujudkan di tahun ini dan semua sesuai dengan target waktu yang kakak buat, tak lain karena kakak percaya pada Allah dan impian kakak . Prinsip yang kakak pegang selama ini adalah impian akan berubah menjadi harapan, harapan berubah menjadi keyakinan, keyakinan berubah menjadi keberanian dan tindakan yang mampu merubahnya menjadi kenyataan, Man jadda wa jada, siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil! Oleh karena itu, terus belajar dan bermimpi ya dik

Mungkin cukup ini dulu yang bisa kakak sampaikan, akan lebih banyak hal yang nanti kakak bagi untuk kalian. Tetap semangat, tetap ceria!

p.s: untuk tahu lebih banyak tentang skhola atau mendonasikan bantuannya silahkan kunjungi website Skholatanpabatas

Salam sayang,
dari kakak jauhmu

Penulis: Gendro Indri Wahyuningsih Relawan Skhola Solo

Sumber : http://adreamer14.blogspot.com/2015/07/surat-dari-solo-untuk-makassar.html

Similar Posts