Janji Kemerdekaan, Aksi Nyata

Skhola A-NthyeRasa letih tidak sedikitpun nampak pada wajah rekan-rekan Skhola termasuk saya saat beranjak pulang setelah kurang lebih empat jam berada dalam Ballroom Wisma Kalla. Kehadiran sosok Prof. Anies Baswedan sebagai pembicara pada Talk Show kali ini sungguh memberikan warna yang berbeda dari acara-acara serupa/seminar-seminar lain yang pernah saya hadiri. Kali ini, saya benar-benar bangga dan bahagia bisa bertemu dan menyaksikan langsung salah satu tokoh intelektual Indonesia yang sangat berpengaruh di usia muda. Begitu bersahaja dan sederhana beliau mengemukakan pikiran dan pandangannya seputar tema talk show kali ini “Pendidikan sebagai Eskalator dalam Menunaikan Janji Kemerdakaan”. Kami dan peserta yang lain bahkan sepertinya  lupa dengan perasaaan gelisah, kecewa, dan sedih yang sebelumnya sempat menghampiri setelah hampir dua jam menunggu kehadiran beliau. Namun, semua perasaan itu akhirnya terbayar oleh kemampuan beliau menangkap perhatian kami melalui pemaparan dan penjelasan beliau seputar kondisi dan realitas pendidikan Indonesia. Sungguh mengangumkan !.

Berbicara mengenai pendidikan yang menjadi topik hangat dalam Talk Show kali ini, ada sebuah terminologi baru yang beliau ciptakan sendiri yakni “Pendidikan adalah Janji”. Berangkat dari istilah sederhana itu, beliau mencoba berbagi dan menjelaskan bahwa salah satu janji kemerdekaan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Janji haruslah dilunasi, pemenuhan janji kemerdekaan bukan hanya tugas pemerintah, janji kemerdekaan bukan hanya janji para pahlawan/pejuang kemerdekaan,   janji ini adalah janji seluruh rakyat Indonesia dan tugas seluruh rakyat untuk melunasinya. Namun, hal ini tentu saja tidak dapat terwujud jika tidak adanya pemerataan dalam hal pendidikan. Setiap manusia, tidak peduli status sosial, agama, suku, dan gender  harus mendapatkan hak yang sama dalam mengecap pendidikan.

Yang terpenting adalah cita-cita untuk melunasi janji kemerdekaan tidak dapat diwujudkan hanya melalui kata-kata semata namun melaui tindakan/aksi nyata.

Penulis : Anthy  Skhola

Similar Posts